Pelangi Aksara

Kamis, 05 Januari 2023

Menjadi Manusia Berjiwa Mulia

 

Resensi Buku

   Identitas buku                                 

 
 Judul buku : Menjadi Manusia Yang Berjiwa Mulia
 Penulis        : Sulkifli
 Penerbit     : Elex Media Komputindo
 Terbit          : September 2022 
 ISBN            : 978523003636                                                   
 Jumlah hal. : 249 halaman               



Isi resensi buku

Buku ini berisi kisah dan cerita inspiratif yang dikemas  dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dicerna. Dan cocok dibaca oleh semua kalangan mulai remaja hingga dewasa, laki laki maupun perempuan. Temanya juga sangat beragam membuat buku ini tidak bosan untuk dibaca. Dari peristiwa biasa  yang terjadi di kehidupan nyata sehari hari hingga peristiwa besar yang dialami oleh tokoh tokoh dunia yang bisa menginspirasi orang lain.

Penulis membuat alur cerita pada buku ini secara terstruktur sama pada setiap bagian. Pada bagian awal penulis mengajak pembaca untuk selalu berpikir positif dan melakukan hal hal baik sesuai ajaran syariat Islam. Kemudian pada bagian isi  ditulis kisah kisah yang terjadi dan ditarik benang merah sebagai pelajaran. Dan pada bagian akhir ditutup dengan beberapa pesan moral yang bisa diambil dari kisah yang terjadi dengan merujuk pada dalil Al Qur’an maupun hadist.

Saya tidak akan mendahului pembaca untuk menceritakan secara rinci isi buku ini. Buku ini sangat layak untuk dibaca dan dijadikan sebuah kajian kritis terhadap akhlak dan budaya yang berkembang.

Kelebihan Buku

Bukunya tampil dengan cover yang soft dan menarik. Isi buku ini mengajarkan kita untuk lebih menghargai diri sendiri serta sekuat tenaga memantik potensi yang dimiliki secara maksimal.  Mampu menohok dan memotivasi pribadi untuk mulai “melihat diri” secara lebih dalam dan berani menerobos “zona nyaman”

Kelemahan Buku

Ada beberapa bagian yang bahasanya kurang  dimengerti. Dan beberapa bagian kisah yang berakhir tragis (bunuh diri). Halaman buku ini sangat tebal sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk membacanya hingga selesai.

1 komentar:

zufi mocher (zulkifli motivator teacher) mengatakan...

Masya Allah mantap dan luar biasa, terima kasih atas sinopsis buku saya, semoga bukunya bermanfaat.

Posting Komentar